Senin, 09 April 2012

[Monolog] Puzzle


sumber disini
Pernahkah kalian bermain puzzle?? Ya, permainan saat aku, kamu bahkan kalian masih merapikan dasi kupu-kupu di Senin pagi, atau bahkan saat masih mulai mengeja tiap huruf dan menjadikannya sebuah puzzle yang membentuk sebuah kata utuh? Dan bukankah setiap hal dalam hidupmu adalah sebuah puzzle lengkap yang diciptakan oleh Tuhan? Apakah bermain puzzle itu menyenangkan? haruskah semua itu menyenangkan?


Ahh, tidak..itu sungguh tidak menyenangkan sama sekali, karena aku tidak pernah mampu membuat puzzle itu kembali utuh. Karena aku tidak pernah dengan mudah menemukan ruang yang pas untuk tiap bagiannya. Karena aku begitu bodoh untuk terus menerus, mulai mengulang kembali saat semua puzzle itu masih membutuhkan banyak bagian lainnya.

Aku mulai tidak menyukai bermain dengan puzzle-puzzle itu, saat aku selalu merasa sesak, sesak dengan sebuah rasa yang tak bisa aku gambarkan dengan tumpukan kalimat-kalimat puitis yang sering para pujangga ucapkan saat mereka merasa tersakiti. Aku sungguh tidak menginginkan lagi bermain dengan puzzle itu, namun mereka akan selalu menggodaku untuk menyelesaikan semuanya, aku juga telah pernah membuangnya, tapi lagi-lagi aku akan kembali memungut dan mengumpulkan tiap bagiannya kembali.

Dan aku mulai mengerti mengapa semua cerita acak yang telah menjadi puzzle tak beraturan ini selalu melukaiku. Aku selalu berusaha mengumpulkannya satu persatu, mencari tiap-tiap ruang yang belum terisi. Aku bahkan rela menghabiskan waktuku hanya untuk membuat puzzle itu kembali utuh. Perlahan-lahan kini aku mulai menyadari, semua yang aku lakukan itu sama halnya dengan saat kalian ingin menghitung tiap butiran hujan yang turun, akan terasa begitu melelahkan.

Mengumpulkan tiap bagiannya seringkali membuatku menangis, merengut, kesal, dan mungkin sesekali aku akan tersenyum bahagia saat aku menemukan ruang yang pas untuk satu bagiannya. Namun puzzle itu tidak akan pernah menjadi utuh, untukku.

41 komentar:

  1. aku menginterpretasikan "puzzle" sebagai segala tantangan yang ada dalam hidup setiap orang. tantangan yang harus dilewati untuk membuktikan bahwa "aku" mampu. ada kalanya "aku" menyerah namun mungkin juga "aku" bersemangat..

    tapi apa bisa juga "puzzle" diartikan sebagai cinta???

    -salam kece- :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemm,,kenapa nggak :)
      makna lebih umum untuk monolog puzzle ini emang ke kehidupan sih, tapi seebenarnya tujuan khusus "puzzle" disini emang aku ngarahnya ke cinta.

      Hapus
  2. Disaat kita mulai meletakkan sepotong puzzle, disana kehidupan bermulai. Segala lika-liku menghujam tubuh, menuntut kita untuk mengarah pada satu tujuan, walau akhirnya berada pada titik jenuh. Puzzle yang tidak utuh? Mungkin aja ketidaksempurnaan kita sebagai manusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..itu dia..100 deh buat basith :)
      emang puzzle yang tidak utuh itu karena tidak ada kesempurnaannya untuk kita (manusia)
      ternyata ada juga yang mengerti makna inti kalimatku
      hehheee :)

      Hapus
  3. waha .. nyang sabar mpok ..
    gue juga gak ngerti kenapa hidup ini kayak puzzle
    coba kalo kayak maen bola, pasti seru .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa
      iya Ey, lebih parah dong kalau kayak main bola, dioper kesana kemari mulu :P

      Hapus
    2. wew, bener juga ya,
      wakakak,
      salah filosofi, yang enak kayak maen apa dong mpok .. ?

      Hapus
    3. hemm,,main apa ya Ey..kayak main hujan aja kali ya..seru kan ngelihat bocah2 main hujan, cuma ngelihat raut wajah senang. :)

      Hapus
    4. yahaha ..
      btw, ditunggu post terbarunye mpok .. :D

      Hapus
  4. puzzle itu sebuah misteri. Seperti permainan Jigsaw.. jika kita bisa menyelesaikan puzzle di depan kita maka akan ada puzzle baru yang menanti untuk segera diselesaikan.. semangaaaaaat kak Widie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketauan nih hobi main jingsaw :P
      sayangnya nggak akan pernah menyelesaikan sepenuhnya youko :)

      Hapus
  5. Selesaikan puzzle mu.
    Meski waktu terkadang tak cukup , namun jangan pernah terhenti.
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan tetap berusaha terus menyelesaikannya, ya meskipun keseringan jenuh ngadepin setiap potongan2 puzzlenya :)

      Hapus
    2. Dan doa dari Makassar terkirim tuk membantu mu. :)

      Hapus
  6. Kalau ngga ada yang namanya puzzle, mungkin hidup ini akan monoton, ngga ada yang saling melengkapi, saling membutuhkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali uzay.. :)
      terkadang kita menjadi potongan puzzle untuk mengisi puzzle milik orang lain :)

      Hapus
    2. Yufz.. saling melengkapi satu sama lain.. =)

      Hapus
  7. Wow.. Arti Puzzle yang MANTAAAFFF BANGEEET!!
    Kirain mo bahas permainan Puzzlenya... Hwehehe
    ^_^
    Hmm.. emang hidup ini tampak seperti puzzle yang bermacam2 dan tak beraturan, yang seharusnya dirangkai dan dilengkapi agar menjadi kisah yang utuh... Sok bijak yach!
    Hwehehee.. SEMANGAAAAT!!!

    BalasHapus
  8. Puzzle kehidupan adalah gabungan dari kepingan-kepingan episode kehidupan yang tersusun rapi dan memiliki berbagai macam bentuk.
    Kita tidak perlu takut ataupun resah jika salah ada satu atau lebih puzzle yang masih tersembunyi karena kita bisa mengurai puzzle kehidupan ini dengan sebaik-baiknya dengan sikap yang kita miliki.

    BalasHapus
  9. hidup itu seperti menyusun puzzle...kita hidup untuk mencari-cari kepingan-kepingan puzzle yang melengkapi hidup kita seperti keluarga,sodara ,teman ,pasangan ,perasaan suka duka senang sedih yang kita rangkai selama menjalani hidup ini

    BalasHapus
  10. memang menyakitkan si kalau kita merasakan betapa sulitnya menyusun puzle, tapi kalau kita hanya melakukan tanpa memperdulikan kesulitanya. nanti kita akan bisa menikmantinya, jalani saja.. ntar juga selesai, bagitu pula dengan hidup ini. jalani saja, ntar tau tau kita medapat hasilnya tanpa perlu mengeluh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang pengaplikasiannya lebih sulit teman :)

      Hapus
    2. iy itulah gunanya kita hidup, mengarungi kesuliatn agar menjadi orang yang lebih baik,

      Hapus
  11. hidup adalah puzel, dengan begitu kita memiliki tantangan. klo ga ada tantangan kita akan mejadi malas walau terkadang tantangan itu sulit di pecahkan, tapi bukan berarti tak mungkin.

    BalasHapus
  12. tetaplah bersemangat widie...
    walau kepingan puzzle itu tak terhitung seperti butiran hujan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. widie, dapat award dariku nih :) dan yuk lihat pengumuman pemenang giveaway the fairy and me
      http://www.nurmayantizain.com/2012/04/pemenang-giveaway.html
      thank you ^^

      Hapus
  13. Dengan Istiqomah insya Allah puzzlenya bisa rampung Mbak.
    Kita sebagai Manusia hanya punya kewajiban untuk Berusaha, Sedangkan Berhasil atau tidaknya bukanlah urusan manusia lagi. Salam

    BalasHapus
  14. hidup adalah puzzle...berusaha untuk menyusun lembaran2 hidup agar nantinya bisa tersusun sempurna :) nyatanya manusia memang tisak ada yg sempurna :)

    semangat ;)

    salam kenal jg :D

    BalasHapus
  15. saya paling demen ma permainan catur, menurut saya bila puzzle otak ini serasa jenuh....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...