Rabu, 28 Maret 2012

New Age (Danger)

Akhirnya gue mutusin juga buat nulis tentang hal satu ini. What’s that?

Dari judul postingan mungkin sebagian udah pada kenal dengan sebutin “New Age”. Buat yang belum paham apa itu New Age, sedikit mungkin bisa gue jelasin kalau New Age itu bisa disebut secara global dan menurut pendapat gue dengan paham baru dalam beragama. Secara literal, New Age Movement adalah gerakan zaman baru, yang oleh Rederic dan Mery Ann Brussat disebut sebagai “zaman kemelekan spiritual.”

KEMELEKAN SPRITUAL??

Maksudnya, lebih mengedepankan pengembangan spiritual pribadi. Dalam artian, setiap hari bahkan setiap waktu banyak dari masing-masing kita yang sadar akan pengetahuan, sadar dari mana kita berasal, dan untuk apa tujuan kita hidup. Bagi sebagian orang yang kurang atas pemahaman tentang Agamanya, maka dia akan mencari hal-hal yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan kebutuhan spiritual dia tersebut. Dan dari sanalah kadang New Age Movement ini melancarkan kegiatannya.

Para pembawa gerakan atau paham New Age ini ingin menerapkan Agama yang Universal , dimana proses awal mereka dengan menciptakan kesadaran all is God and God is all.
Dimana setiap orang itu adalah Tuhan bagi dirinya sendiri. Mereka juga mempercayai adanya Reinkarnasi dan juga percaya dengan Astrologi. 



Ada beberapa pemahaman New Age yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan agama :

Antara New Age dan Agama
Meskipun mungkin spiritual, New Age jauh berbeda dari agama formal. Bahkan, banyak New agers cenderung menjauhkan diri dari struktur dan batas-batas praktik keagamaan tradisional. Namun pada saat yang sama New Agers dapat sangat spiritual. Orang-orang New Age sering lebih menyukai pengalaman spiritual langsung, daripada sekedar perintah dari agama yang terorganisasi. Salah satu alasan jalan New Age menjadi populer adalah bahwa mereka lebih peduli dengan kebenaran akhir itu sendiri, bukan proses bagaimana mereka sampai disana.

Antara New Age dan Metafisika
New Age sangat terkait dengan beberapa konsep yang didefinisikan dalam cabang filsafat yang sering disebut sebagai metafisika. Meskipun cabang akademik dari metafisika lebih memfokuskan tentang sifat alami dari realitas utama, topik metafisik yang populer sering dimasukkan kedalamnya diskusi-diskusi dan analisa terhadap subjek dibalik tiga dimensi fisik. Beberapa contoh topik metafisik meliputi: energi bebas, pengalaman luar tubuh, UFO, fenomena psikis, penyembuhan alternatif, dan topik lain yang ilmu konvensional kita sulit untuk menjelaskan.

Keyakinan Umum dalam New Age
Berikut ini adalah daftar tidak resmi dari keyakinan beberapa individu di New Age yang mungkin memiliki kesamaan:
  1. Kamu menciptakan realitas dan takdir kamu sendiri.
  2. Tidak ada yang namanya kebetulan.
  3. Ada lebih dalam hidup daripada yang terlihat oleh mata, banyak lagi.
  4. Tidak ada yang benar-benar penting dalam hidup ini kecuali hal itu dilakukan untuk kepentingan orang lain.
  5. Kita tidak sendirian.
  6. Kita adalah makhluk multidimensi yang sedang memiliki pengalaman manusia.
  7. Kita semua menerima bimbingan lebih dari yang kita tahu, dari malaikat, roh pemandu, master dan lain-lain.
  8. Kita dapat menyembuhkan diri kita, masyarakat kita, dan dunia kita.
  9. Transformasi utama bagi manusia adalah kebangkitan dan pencerahan.
New Ager(sebutan untuk para New Age Movement) mungkin melibatkan kristal, lilin, dupa, tarot, rune, pendulum, bodywork, meditasi, toning dan nyanyian, drum, dan banyak lagi. Alat-alat ini dapat membantu orang yang melampaui ke berbagai kondisi kesadaran, dan dengan demikian akhirnya pada gilirannya dapat membantu seseorang untuk melihat ke dalam diri untuk pemahaman dan kesadaran. Salah satu alasan bahwa ada banyak alat yang berbeda untuk membantu para New Age adalah bahwa pada orang yang berbeda akan menemukan nilai-nilai yang berbeda dalam setiap alat.

Setelah gue mulai memahami apa itu New Age dan bagaimana kegiatan dan hal-hal apa yang berhubungan dengan itu, gue ingat dengan salah satu Novel yang pernah gue baca, bahkan gue sampai jatuh cinta sama Novel itu. Judul nya ILUMINASI, karena novel ini satu-satunya dan pertama kali bikin gue suka dengan cerita Fan Fik. Sebelumnya gue gak pernah tertarik dengan cerita fantasi atau kisah-kisah Heroik lainnya.


Di novel Iluminasi ini ceritanya ada dua kelompok orang-orang yang memiliki kekuatan khusus(extraordinary) Pure Black dan White Light, sedang memperebutkan seorang gadis yang memegang sebuah pendulum dan merupakan keturunan dari keluarga xtrOrdinary yang memiliki kekuatan khusus seperti Mind Control, bahkan tokoh-tokoh lain punya kelebihan masing-masing, seperti ada yang bisa ngendaliin api, nyembuhin luka, berubah menyesuaikan tempatnya sama kayak bunglon, bisa ngendaliin listrik, dan banyak kekuatan-kekuatan lainnya. Dan di novel ini juga terdapat banyak sekali pemahaman-pemahaman tentang beberapa teori metafisika serta benar-benar mengedepankan hal-hal spiritual yang lebih universal.

Gue sempat berfikiran apakah sang penulis juga menganut atau hanya tertarik dengan pemahaman tentang New Age tadi, karena benar-benar apa yang udah gue baca tentang New Age, sedikit banyak ada dalam novel itu. Ntahlah..hanya sang penulis itu sendiri lah yang tahu..

Dan parahnya lagi, jujur gue dulu sempat sedikit tertarik tentang pemahaman spiritual yang lebih mengedepankan nalar dan kekuatan fikiran seperti itu. Tapi untunglah, kewarasan buru-buru nyadarin gue buat gak ngelakuin hal yang aneh-aneh. ^_^

So..intinya yang pengen gue sampaiin di postingan gue yang panjang kali lebar sekarang cuma satu : 

Kita mesti pinter-pinter dalam menganalisa setiap hal-hal baru disekeliling kita, setiap hal yang kita baca, yang kita lihat bahkan yang terjadi didekat kita. Dan yang terpenting selalu meningkatkan keimanan kita pada Sang pencipta biar kita gak salah jalan.

With Love Dandelion... :) 


sumber referensi :
http://www.sabili.co.id/indonesia-kita/gerakan-new-age-bahaya-agama-gado-gado

22 komentar:

  1. huuaaah..agak berat jadi bingung mau komennya wid ;)
    semakin majunya dunia ini akan semakin banyak memunculkan New Age dan serentetan pemahaman baru tentang spiritualitas. Menurutku, mereka yang sampai memiliki pemahaman sendiri ttg spiritualitas itu karena mereka nggak puas sama hukum dan ajaran dari agama, jadi mereka mencari pembenaran dgn membuat spirit-spirit baru.
    kuncinya cuma satu hanya ada pada iman masing-masing.. Tuhan cuma satu hanya saja kita menyebutnya dengan nama yang beragam ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheee
      sekali2 ngebahas yang rada beratan dee :)
      nah itu dia..pembenaran menurut fikiran mereka masing-masing tanpa dilandasi keimanan yang kuat..jadi dehh muncul berbgai paham2 baru =_=

      Hapus
  2. waha, pembahasannya berat nih mbak .. hhe
    iluminati .. ?
    hmm*mikir

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali2 konsumsi yang rada berat Ey :)
      pernah dengarkah?
      itu lho yang sering dikait2 kan dengan simbol mata satu dan simbol2 lain..tapi novel yang aku maksud judulnya iluminasi..sepertinya memang ada benang merah antara iluminati, novel iluminasi dan new age.. :)

      Hapus
  3. agak berat kali ini pembahasannya, jadi bingung mau komen apa. ikut nyimak aza dech.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih menu utama sekali2 biar rada berat :)
      makasih any :D

      Hapus
  4. new age = syirik gtu nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hem..bisa sih dikatakan seperti itu, tapi syiriknya lebih besar ke pemikiran, karena mereka mulai dari mengubah cara berfikir kita dulu..mungkin begitulah kira-kira AYu :)

      Hapus
  5. info yang bagus nih...
    banyak sih di sekitar kita yg py pemahaman spt New Age, tapi anehnya mereka msh ngedompleng nama Islam, kalo emang ajarannya bener knapa gak bikin agama sendiri alias keluar dari Islam

    eh gak nyambung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih IR.. :)
      nyambung kok, nah itu dia yang lebih parah..pemahaman beda tapi masih memakai sampul yang diyakinin orang, akhirnya malah ngajakin orang buat salah jalan..
      mudah-mudahan kita bisa lebih pintar dalam melihat segala sesuatu yang menyangkut tentang pemahaman dan ajaran agama :)

      Hapus
  6. Nah looh gw sendiri baru tau tentang New age ini ckckc..

    BalasHapus
  7. Aku kira new age itu ulang tahun haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. New Age = Usia Baru
      hehehhe
      bisa juga El,,tapi kalau yang itu gak terlalu Danger lah :)

      Hapus
  8. hmm.. novelnya, kayak pernah denger deh..Tapi tentang New Age, baru tau ini...

    Tapi kenyataannya, memang bisa.. ada kebenarannya... di TV TV itu... bisa mengendalikan sesuatu... tentunya atas Seijin-Nya juga... :D

    perlu masuk acara., believe or not :lol inih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang suka novel2 fanfik lumayan kenal lah sama novel ini kayaknya..

      maksudnya?

      Hapus
  9. satu yang saya tangkap dari new age ini, yaitu zaman di mana orang-orang lebih mengedepankan nalar dan logika sebagai bentuk dari pemecahan suatu permasalahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, seperti itulah mungkin kira2 :)
      makasih udah mampir :D

      Hapus
  10. wah baru denger nih, lumayan tertarik sama yang berbau2 konspirasi. ini sejenis fremasonry sama iluminati nggak sih?

    btw, salam kenal kunjungan perdana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya anggi, hampir sejenis dengan Iluminati sih..
      makasih..salam kenal kembali ^_^

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...