Sabtu, 14 Mei 2011

Bunga Matahari dan Bunga Dandelieon

Akhir-akhir ini aku menikmati ritual ku setiap malam untuk mengatasi Insomnia ku dengan membaca beberapa cerpen disalah satu situs. Malam ini setelah aku menyelesaikan ritual ku itu, aku mencoba memejamkan mataku sejenak, memutar kembali imajinasiku tentang semua hal yang terjadi dalam cerpen yang telah aku baca tadi, Aku menikmati itu.
Ada 2 hal yang paling membekas untukku. Tapi disini aku bukan ingin menceritakan bagaiman detail cerita dari cerpen-cerpen yang telah selesai aku baca itu. Aku hanya ingin membagikan apa yang bisa aku pahami dari cerita tersebut. Ini adalah mengenai makna dari bunga yang baru saja aku pahami dengan hatiku.
cekidot.. :)

 
1. Bunga Matahari










Bunga Matahari tampak sangat indah, mempesona dengan warna khas nya. Tidak begitu seanggun dan seindah Mawar mungkin, tapi dengan gagah iya sangat terlihat kuat. Bunga matahari akan selalu menghadap dimana ada cahaya matahari, dia selalu mencari cahaya untuk membantu ia tumbuh bahkan merekah indah.
Bunga matahari itu mengajarkan ketegaran dalam hidup. Kita tidak boleh menyerah dalam menghadapi masalah dalam hidup kita, seberat apapun masalahnya. Seperti bunga matahari, kita juga harus dengan berani menatap Sang Mentari, menapak hari esok. Karena matahari tidak hanya bersinar untuk kita, dan tetap harus berusaha menemukan cahaya kehidupan untuk membantu kita menjadi kuat dan kokoh.
2. Bunga Dandeleon

Bunga yang sering dijuluki orang-orang dengan sebutan bunga mungil bertopi putih, terlihat sangat lemah bila digoyangkan oleh angin, tapi ia masih tetap berusaha menjadi tegar dan kuat melawan terpaan angin yang seolah-olah akan mencabutnya dari tempat ia berdiri. Dan jika ia memang harus diterbangkan oleh sang angin, ia rela dan dia tidak akan bersedih. Karena ia tahu meskipun diterbangkan oleh angin dan tak tahu kemana arah terbangnya, dia juga tidak takut jika nantinya setelah deterbangkan oleh sang angin ia harus tertinggal ditanah yang gersang, di tepi jalan berbatu, bahkan dihimpit semak berduri, dia tetap tegar dan mencari setitik celah dan berjuang untuk tetap hidup.
Dandelion mampu bertahan dalam segala cobaan. Walaupun bentuknya tidak seindah mawar merah,mungkin tidak harum seperti bunga melati, Tapi Dandelion dengan tangkai kecilnya yang sederhana. mampu memberikan banyak arti dalam kehidupan ini. Bisa memberikan kehidupan baru. Serta saat dia disandingkan dengan ilalang jalanan yang sangat jarang dapat melihat dan menyadari keberadaannya juga tidak membuat nya sedih, karena ia memang bagian dari itu. Dia tak pernah berhenti berusaha.
Dandelion sosok kuat meskipun tampak rapuh, tapi memiliki semangat yang hebat dalam memcari kehidupan baru di luar sana. Mampu terbang tinggi, menjelajah luas menentang angin, sampai akhirnya mendarat di tempat baru kemudian tumbuh menjadi jiwa yang baru. Tujuan hidupnya hanya satu. Setelah dia terbang melintasi jagad raya, meniti kehidupan yang penuh kesulitan, suatu hari nanti, sejauh apapun dia telah pergi, dia akan kembali, dia akan kembali lagi ketempat dimana dia berasal.
Sebelumnya aku teringat dulu pernah ada seseorang teman menanyakan aku tentang bunga apa yang paling aku sukai, tapi sewaktu itu aku masih bingung karena aku memang tidak terlalu menyukai ataupun banyak tahu tentang bunga, Tapi jika saat ini ada yang menanyakan aku lagi tentang bunga apa yang paling aku sukai, maka aku dengan yakin akan menjawab Bunga Matahari dan Dandelion lah yang paling aku sukai,karena aku ingin menjalani hidup ku seperti kedua bunga itu.

1 komentar:

  1. saya juga suka bunga matahari. bagus sekali artinya yah.....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...