Rabu, 18 Juli 2012

Agar Budaya tak dicuri orang, Mulailah dari yang Muda!!

sumber : google

Indonesia merupakan Negara yang benar-benar kaya akan budaya. Berbagai macam jenis Kebudayaan ada di Indonesia, mulai dari tarian, pakaian adat, makanan khas bahkan sampai ke ciri khas setiap daerah itu beragam. Namun, beragam budaya tersebut tidak sejalan dengan tindakan untuk menjaganya. 

Sadar atau tidak, musuh keberagaman budaya tersebut ada dua, yang paling utama  yaitu: generasi muda yang tidak peduli dengan budayanya sendiri atau hanya peduli namun tidak menunjukkan kepedulian tersebut. Sangat sedikit sekali kepedulian generasi muda untuk mau benar-benar mencintai budayanya sendiri. Pada saat adanya klaim dari Negara lain terhadap budaya Indonesia, barulah terdengar tanggapan, protes, sampai makian diteriakkan oleh masyarakat Indonesia. Namun sangat ironis memang, dalam kondisi tidak ada klaim dari negara lain, generasi muda negara Indonesia malah tergila-gila dengan budaya bangsa lain. 

Tidak dipungkiri, pandangan ‘kampungan’ mulai melekat saat sebagian anak muda Indonesia menarikan tarian-tarian adat atau masih melestarikan permainan-permainan musik tradisional tersebut. Hal itulah yang membuat sebagian besar generasi muda tidak banyak yang benar-benar mau melestarikan keberagaman budaya Indonesia.

Karena hal tersebut tidak sedikit budaya Indonesia yang telah dicuri oleh Negara-negara lain.  Hingga saat ini telah tercatat 52 kasus pencurian budaya Indonesia atau budaya Indonesia yang telah di klaim oleh Negara lain. Bukan hanya itu saja, pencurian benda cagar Budaya juga banyak terjadi, mulai dari pencurian arca bahkan bagian dari bangunan candi lainnya, data terakhir yang didapat dari situs Direktorat kebudayaan (http://kppo.bappenas.go.id) , terdapat 12 kasus pencurian benda cagar Budaya diindonesia.

Tidak hanya karena generasi muda yang kurang peduli dengan budayanya sendiri, musuh keberagaman budaya yang kedua adalah kurangnya pendataan oleh pemerintah terhadap keseluruhan budaya-budaya yang ada di Indonesia, dan  juga kurang cekatannya pemerintah Indonesia untuk mencatat warisan budaya tersebut pada UNESCO. Hingga tahun 2010 lalu, Indonesia hanya memiliki 11 Objek Indonesia yang masuk ke dalam daftar world heritage, yaitu warisan budaya yang mendapat pengakuan UNESCO untuk dilindungi sebagai warisan budaya dunia. Itu sangat jauh dari keseluruhan warisan budaya yang ada di Indonseia. Kurangnya pendataan tersebutlah yang membuat celah bagi Negara lain untuk mengklaim budaya-budaya Indonesia.

   Daftar World Heritage di Indonesia
sumber : http://kppo.bappenas.go.id
                    
9.    Wayang pada tanggal 07 November 2003
10.  Keris pada tahun 2005, dan terakhir
11.  Angklung


Kerjasama anatar generasi muda dan pemerintah adalah cara untuk dapat mengurangi kasus pencurian / peng-klaim an budaya Indonesia oleh Negara lain. Mulailah untuk generasi muda Indonesia mencintai budaya Indonesia secara afektif atau benar-benar menjaga tradisi tersebut, hilangkan penilaian bahwa mencintai budaya kita itu adalah ‘kampungan’. Tidak sedikit juga memang generasi muda yang benar-benar mencintai budaya tersebut dengan cara mengkreasikan tarian-tarian dan musik daerah dengan muasik dan tarian modern lainnya. Dan banyak cara-cara lain untuk benar-benar menjaga budaya Indonesia. Itu merupakan langkah awal kita sebagai generasi muda untuk ikut serta menjaga warisan budaya kita sendiri agar tidak dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab / Negara lain. 

Mari..Mulailah dari kita sebagai Generasi Muda untuk mencintai dan menjaga warisan budaya kita sendiri!!

26 komentar:

  1. MARII!!!


    SEMANGAT GENERASI MUDA!!!

    LESTARIKAN BUDAYA INDONESIAAA!!!

    BalasHapus
  2. kalau bisa semua bentuk budaya kita harus diakui dunia ya :)

    BalasHapus
  3. yang muda yang menginspirasi...

    kita yang muda yang harus lantang bersuara bahwa Kebudayaan negara kita bukan untuk dicuri oleh negara lain...

    BalasHapus
  4. mudah-mudahan pemerintah bisa segera mendata ragam budaya dan kesenian di negara kita

    BalasHapus
  5. kadang,kita emang suka lupa bahwa sebagai generasi muda kita punya tanggung jawab buat jaga itu semua..
    dan mulai sekarang,mari bangkit..

    BalasHapus
  6. kebudayan memang ga ternilai harganya, maka dari itu kita harus menjaganya dengan baik agar kelak ga tinggal sebuah cerita :)

    BalasHapus
  7. Yang muda jangan terlena sama K-Pop mulu... mesti maju ke barisan depan dan melakukan perubahan

    BalasHapus
  8. masa depan bangsa memang terdapat pada kita generasi muda Indonesia.
    ayoo tanamkan cinta Indonesia didiri kita masing-masing.. :)

    BalasHapus
  9. Kalau bukan yang muda bergerak, masa iya kita mau mengharapkan yang tua-tua sekarang ini.

    Semangat :)

    BalasHapus
  10. Kita sebagai penerus mari menjaga yang harus kita jaga. Ngapain malu, toh warisan budaya luhurlah yang paling harus kita junjung tinggi :-)

    BalasHapus
  11. Yuk mari, marilah makan makanan tradisional Indonesia sebagai langkah awal. Dan tinggalkan fast food yang merusak kesehatan di masa depan nanti :)

    BalasHapus
  12. yupz bener banget kalo bukan qt siapa lagi, kalo bukan dari sekarang kapan lagi (apa mau nunggu ada yang mengklaim dulu, baru bertindak).

    BalasHapus
  13. musuh ketiganya, negara tetangga yang jail mbak .. heheh
    tapi buat anak muda, ayo semangat.. lestarikan budaya, jangan takut dibilang kampungan lagi :D

    BalasHapus
  14. mulai dari diri sendiri, yo! semangat!

    BalasHapus
  15. saatnya kita jaga indonesia

    salam solid blogger BSO

    BalasHapus
  16. OOOo harus didaftarkan ke UNESCO ya, apakah yang didaftar terus diakui? atau ada sarat2nya? #pingin tau aja :)

    BalasHapus
  17. Ayo generasi muda tunjukan rasa cinta kalian terhadap budaya kita

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...